Pesona Air Panas Wawolesea

IMG_20160319_141638Hai guys nama gue Aziz, gue bru blajar ng-blog nih.. hhe     jadi harap maklum jika masih ambur-adul sana-sini.. alasan gue ng-blog karna gue cinta banget sama Indonesia dan gue pengen ikut memperkenalkan Indonesia dari sudut pandang gue, dengan hrapan sih agar orang-orang lebih mengenal Indonesia baik dari potret kehidupan atau destinasi wisatanya..Dan juga agar mreka tau kalau destinasi wisata Indonesia itu bukan hanya di Bali, Wakatobi, Bunaken, Lombok atau Raja Ampat aja, tapi masih banyak lagi tempat-tempat yang gak kalah keren yang ada di plosok-plosok negeri kita tercinta ini. Ga usah banyak cing dan cong guys, come-on langsung aja … hhe

Kakiku kali ini bawa gue kesebuah tempat wisata yang terbilang masih sangat baru, yaitu di permandian air panas Wawolesea yang terletak di Kec. Lasolo Kab. Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Lokasi tempat ini tergolong sangat mudah ditempuh berhubung terletak tidak jauh dari jalan utama  yaitu hanya sekitar 300 meter saja, walaupun  kondisi jalannya yang masih berbatu tapi cukup mudah dilalui dengan sepeda motor ataupun mobil.

IMG_20160319_185222Luas permandian air panas Wawolesea ini kurang lebih 27 hektar, dengan dikelilingi perbukitan kapur dan juga alam yang masih asri. Mata air panas permandian ini juga tidak hanya terletak disatu titik aja, melainkan terdapat ratusan titik mata air panas yang mendidih dan tentunya sangat hot.. hhe “ga percaya.? coba aja.. ckckck… jangan pake tangan tapi ya pake telur aj, biar langsung bisa dimakan.. 😀 .. Tapi bagi anda yang hobi nyebur sana-sini kayak bebek tenang aj karna di permandian ini terdapat beberapa kolam yang bisa buat mandi kog.. so woles guys.. hhe…  Kolam permandian air panas wawolesea ini berbentuk terasiring kayak persawahan guys dengan dasar dan dinding-dinding kolam terbuat dari endapan kapur putih yang membuat view kolam-kolam jadi sangat cantik. Uniknya setiap kolam punya temperatur yang berbeda-beda, semakin dekat dengan titik mata air pastinya semakin hot..

IMG_20160319_205321Menurut cerita yang berkembang asal mula munculnya air panas tersebut terjadi ketika pangeran dari Luwuk Banggai (Sulawesi Tengah) dating ingin mempersunting putri dari Raja Wawolesea. Namun lamaran sang pangeran di tolak oleh sang putri, tidak terima dengan tolakan sang putri, sang pangeran pun marah dan menghentakkan tongkatnya ke Tanah yang berakibat munculnya titik-titik mata air panas. Itu cerita warga setempat guys, selepas mau percaya apa tidak tapi kita tetap harus menyampaikan kpada dunia cerita tersebut karna itu salah satu kekayaan budaya negeri kita.. jangan sampai hilang dan terlupakan..

Ouwh iya, saat ini untuk masuk ke lokasi ini masih free guys alias gratisss… disana juga terdapat beberapa gazebo buat anda beristirahat setelah anda puas mandi atau berkeliling.  Gazebo yang terletak di antara pohon-pohon pinus ini saya jamin membuat anda dan teman-teman atau kluarga lebih nyaman karna suasana tambah adem dan sejuk. Sayangnya fasilitas tempat ini masih minim. Tempat sampah pun masih sangat jarang terlihat bahkan bisa di bilang tidak ada, jadi pesan saya guys ini wisata negeri kita berarti siapapun anda yang datang ke tempat ini harap perhatikan sampah masing-masing aja jangan sampai mengotori tempat ini, bawa pulang sampah anda itu lebih bijaksana demi kemajuan wisata Indonesia.. keep clean guys..